[email protected] +1234567890 242 West Main street, Ohio

Sudah Akrab dengan Semua Kalangan Usia, dari Balita Hingga Orang Tua, Minyak Kayu Putih Bikin Rileks dan Fresh

Tanaman minyak kayu putih ketika diolah menjadi essential oil atau minyak essensial akan bermanfaat bagi semua kalangan usia.(ist)
Tanaman minyak kayu putih ketika diolah menjadi essential oil atau minyak essensial akan bermanfaat bagi semua kalangan usia.(ist)

Ayonews, Jakarta
Minyak kayu putih atau istilah latinnya cajeput sudah akrab dengan semua orang. Apalagi bagi ibu-ibu yang memiliki anak balita. Karena, minyak kayu  putih ini penting sebagai pengobatan awal ketika balita mereka terganggu kesehatannya. Anak-anak balita biasanya dibalur minyak kayu putih setelah mandi untuk memberinya kehangatan.

Padahal, minyak kayu putih juga bermanfaat bagi semua usia. Tak hanya balita, tapi juga bagi para orang dewasa dan lanjut usia. Sebab, minyak asli Indonesia ini dipercaya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Wanginya yang khas ketika dihirup bisa membuat orang lebih rileks dan lebih fresh. Karena memang, minyak kayu putih  bisa meredakan masalah pernapasan. 

Selain buat inhalasi, lebih dari itu minyak kayu putih juga bermanfaat untuk menghilangkan nyeri pada persendian, dapat melindungi dari serangan serangga dan kutu, membantu mengontrol kadar gula darah, perawatan gigi dan penyembuhan luka.

Masyarakat Indonesia sudah turun temurun menafaatkan minyak kayu putih sebagai pengobatan paling utama. Selain balita, minyak kayu putih menjadi pertolongan pertama untuk mereka yang berusia lanjut saat masuk angin. 

Ketika diolah menjadi minyak atsiri, tanaman kayu putih juga bisa dipakai sebagai pengharum, antiseptik alami, hingga bahan kosmetik. 

Tak hanya di Indonesia, di beberapa negara, minyak kayu putih telah digunakan sebagai bahan pengobatan alami sejak ribuan tahun silam.

Minyak kayu putih diketahui berasal dari daun dan ranting tanaman kayu putih atau Malaleuca leucadendron. Tumbuhan dengan nama lain cajuput oil ini ternyata tumbuh baik di wilayah Indonesia timur dan Australia utara. Minyak kayu putih ini diperoleh dari hasil penyulingan daun dan ranting kayu putih.

Hingga saat ini tanaman kayu putih menjadi salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang memiliki prospek cukup baik untuk dikembangkan. Kayu putih sebagai produk hasil hutan bukan kayu menjadi salah satu tanaman yang penting bagi industri minyak atsiri di Indonesia.

Kekayaan akan hutan di Indonesia tak diragukan lagi. Sehingga tanaman minyak kayu putih ini bisa terus dikembangbiakkan. Keberadaannya tersebar luas di seantoro tanah air. Namun ada beberapa wilayah yang memang sudah terkenal sejak  zaman dulu sebagai penghasil minyak kayu putih. Sebut saja, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Bali, dan Papua. 

Dalam pemakaiannya, hindari kontak mata. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Perubahan warna dapat terjadi tanpa mempengaruhi kekuatan penyembuhannya karena kandungan alami. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan panas. Penyimpanan pada suhu tidak lebih dari 30°C.

Sebagai Pengharum Ruangan, masukkan 8 sampai 10 tetes ke dalam air yang diisi dengan alat penguap. Untuk campuran saat mandi, masukkan 5 sampai 12 tetes ke dalam bak mandi berisi air hangat. Sedangkan untuk minyak urut, larutkan 5 tetes minyak atsiri ke setiap 10 ml minyak urut. Untuk Inhalasi sendiri, tambahkan 8 sampai 9 tetes ke dalam mangkuk berisi air panas, lalu tarik napas dalam-dalam.