[email protected] +1234567890 242 West Main street, Ohio

Selain untuk Menjaga Kesehatan Psikologis, Ini Beberapa Manfaat Lainnya dari Minyak Essensial Basil

tanaman basil yang bermanfaat untuk kesehatan psikolgis dan beragam manfaat lainnya ketika diolah menjadi minyak essensial.(ist)
tanaman basil yang bermanfaat untuk kesehatan psikolgis dan beragam manfaat lainnya ketika diolah menjadi minyak essensial.(ist)

Ayonews, Jakarta
Belum banyak orang mengetahui manfaat tanaman Ocimum Basilicum atau basil. Padahal, basil ini  bermanfaat tak hanya untuk kesehatan fisik saja. Tapi juga kesehatan psikologis. 

Dalam beberapa penelitian ilmiah, basil memiliki kandungan holy yang dipercaya dapat meredakan stres, kecemasan, hingga depresi.

Tanaman ini juga memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir, mencegah penurunan daya ingat karena usia, dan memulihkan gangguan tidur karena stres.

Ketika dijadikan minyak essensial atau essential oil,  basil mengandung sejumlah senyawa dalam meningkatkan kesehatan. Senyawa ini termasuk linalool, zat yang terbukti mengurangi stres.

Manfaat Essential Oil Basil untuk mengobati jerawat, mengatasi kegelisahan, bronkotis, masuk angin, meredakan batuk, mengatasi depresi, mengatasi kelelahan, encok, gangguan pencernaan dan radang dalam selaput lendir.

Agar lebih maksimal dalam memanfaatkan minyak essensial basil ini, diperlukan standar tinggi pada kemurnian dan keaslian produk yang dihasilkan. Karena itu, perlu melalui proses seed to seal dalam pengelolaannya. Dari saat benih dipilih (seed) hingga produk disegel dalam botol (seal) harus terjaga kwalitasnya.
 
Umumnya, minyak essensial basil ini hanya untuk pemakaian luar saja. Karena itu, saat pemakaian harus menghindari kontak langsung dengan mata. Termasuk juga harus menjauhkan dari jangkauan anak-anak. 

Saat dalam kemasan, minyak essensial ini harus kedap udara. Sebab, kadarnya akan menurun ketika ada udara masuk dalam wadah atau tempat essensial tersebut. Ciri-cirinya ketika kadar menurun, terjadi perubahan warna. Sehingga dapat mempengaruhi kekuatan penyembuhannya karena kandungan alami. 

Karena itu, ketika memanfaatkan minyak essensial ini, jangan sampai terjadi iritasi kulit. Ketika iritasi terjadi, segera hentikan pemakaian. Termasuk menjauhkan juga dari paparan sinar matahari langsung dan panas. 

Minyak essensial ini juga butuh perawatan. Termasuk dalam penyimpanan di tempat  yang suhunya tidak lebih dari 30° celcius. 

Selain buat kesehatan, essential oil basil  ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan. Dalam penggunaannya, masukkan delapan sampai sepuluh tetes essential oil ke dalam air yang diisi dengan alat penguap. Uapan dari campuran air itu akan menyebar ke seisi ruangan.

Essential oil basil juga bermanfaat sebagai campuran saat mandi.  Masukkan 5 sampai 12 tetes essential oil ke dalam bak mandi berisi air hangat.

Selain itu, sebagai minyak urut, larutkan lima tetes minyak atsiri ke setiap 10 ml minyak urut. Kemudian lakukan pengurutan sesuai kebutuhan. Baik itu untuk orang dewasa, maupun anak-anak.

Minyak esensial ini juga bermanfaat sebagai inhalasi. Untuk pemakaiannya tinggal menambahkan delapan sampai sembilan tetes ke dalam mangkuk berisi air panas, lalu tarik napas dalam-dalam

Namun untuk minyak atsiri basil ini  harus dijauhi oleh wanita hamil. Sebab, wanita yang sedang mengandung bayi harus menghindari penggunaan karena dapat berdampak pada tingkat hormonal dan otot atau fungsi saraf.
Sabhira