[email protected] +1234567890 242 West Main street, Ohio

Siapa Sangka, Jeruk Manis yang Diektrak jadi Minyak Atsiri Bisa Bermanfaat dalam Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh

Buah jeruk manis atau dalam nama latin citrus aurantium dulcis sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit tubuh manusia.(ist)
Buah jeruk manis atau dalam nama latin citrus aurantium dulcis sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit tubuh manusia.(ist)

Ayonews, Jakarta
Siapa sangka, buah jeruk yang biasa terpajang di toko-toko, minimarket atau pasar=pasar memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Jeruk tak hanya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh saja karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

Tapi tanaman dengan nama latin citrus aurantium dulcis atau jeruk manis ini bisa diekstrak menjadi minyak atsiri akan lebih banyak manfaatnya. Berbagai jenis jeruk yang sama pun yang biasa ditemukan di toko atau pasar terdekat. Sehingga mudah untuk mendapatkannya.

Namun Anda tak perlu capek atau susah payah untuk mencapatkan ekstrak minyak atsiri jeruk manis ini. Karena produk jenis tersebut sudah banyak beredar dan diproduksi secara massal. Namun demikian, Anda perlu eksta dalam memilih produk yang tepat dan asli.  

Salah satu manfaat orange peel oil adalah kemampuannya untuk membantu pengelupasan kulit. Sebab, jeruk manis memiliki kandungan yang tinggi akan AHA (Asam Alfa Hidroksi) memungkinkan sebagai exfoliator agent. Juga bisa dipakai untuk meminimalkan efek foto damage atau kerusakan akibat sinar matahari pada kulit. 

Selain itu, kandungan jeruk manis ini mampu untuk meningkatkan regenerasi protein. Sifat  sintesis kolagen dan elastin untuk kesehatan, menjadikan   kulit semakin menjadi lebih kencang dan halus. 

Karena kandungan jeruk manis ini mampu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, menghaluskan, meminimalkan efek foto damage.

Orange peel oil ini bisa digunakan  untuk berbagai jenis kandungan apapun. Semua jenis kulit kecuali kulit sensitif bisa memakai kandungan ini. 

Meski demikian, orange peel oil dapat teroksidasi jika terkena oksigen. Proses tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif sehingga lebih rentan terhadap iritasi dan reaksi alergi. 

Meskipun dapat memberikan manfaat bagi kulit, kandungan ini harus digunakan dalam konsentrasi rendah.

Ekstrak jeruk manis atau citrus aurantium dulcis (orange) peel oil ini kandungannya bisa menjadi campuran ocimum bascilicum (basil) oil, melaleuca leucadendron (cajeput) leaf oil, pogostemon cablin (patchouli) leaf oil, canangium odoratum (cananga) oil. 

Campuran tersebut mengandung antioksidan, kaya akan vitamin E, analgesik. Selain itu bisa menjadi antiseptik, mengurangi gejala rematik, mengurangi sakit kepala, melegakan pernapasan, memiliki sifat menghangatkan, melancarkan peredaran darah, insomnia, menenangkan atau relaksasi, mengurangi gejala stres.

Usapkan essential oil campuran dari berbagai ekstrak minyak atsiri ini pada daerah pergelangan tangan atau di belakang daun telinga. Dapat juga menggunakan alat difusser sebagai aroma ruangan.