[email protected] +1234567890 242 West Main street, Ohio

Memiliki Sifat Mengikat Racun, Rebusan Daun Nilam Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Tanaman nilam ketika diekstrak menjadi minyak atsiri banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan perawatan kecantikan.(ist)
Tanaman nilam ketika diekstrak menjadi minyak atsiri banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan perawatan kecantikan.(ist)

Ayonews, Jakarta
Minyak nilam atau patchouli oil jadi salah satu pilihan dalam perawatan kecantikan. Manfaat dari minyak yang berasal dari pohon nilam ini sangat banyak. Tak hanya buat kecantikan semata, tapi juga dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh manusia. 

Minyak alami ini sudah banyak dimanfaatkan. Sudah sejak jaman nenek moyang, nilam dipakai sebagai pengobatan tradisional. Dan dalam perjalanannya banyak digunakan untuk kebutuhan perawatan lainnya. 

Di era moderen ini, minyak nilam menjadi salah satu komponen bahan baku untuk pembuatan kosmetik, sabun dan parfum. Industri kecantikan sering menggunakan minyak nilam sebagai bahan baku membuat deodorant. 

Sebab, nilam memiliki kandungan alami berupa cinnamic aldehyde, eugenol, benzaldehida, cadinene, kamper nilam (patchouli campor), dan zat alcohol nilam (patchouli alcohol). Kandungan PA sekitar 30dalam minyak nilam sangat baik dan berkualitas tinggi.

Selain bermanfaat untuk produk kecantikan seperti di atas, minyak nilam ternyata mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh manusia lainnya.

Minyak nilam berasal dari tanaman nilam dengan nama latin progestemon cablin bent atau dalam bahasa Inggris disebut patchouli essential oil atau minyak atsiri patchouli. 

Minyak Nilam memang menjadi salah satu jenis dari minyak esensial yang memiliki sifat mudah menguap pada suhu tertentu di sebuah ruangan.

Untuk mendapatkan minyak nilam dengan kualitas tinggi, dibutuhkan ekstrak daun dan tangkainya. Ketika diekstrak menjadi minyak atsiri,  minyak nilam ini dapat mencegah bau badan. Kandungan dalam minyak nilam dapat membunuh bakteri penyebab bau badan. Sebab, harumnya nilam inilah yang bisa mengurangi bau badan. 

Tak hanya minyaknya, daun nilam alami juga bisa dipakai menggunakan rebusan air ketika dipakai untuk menghilangkan bau badan.

Daun minyak nilam ini bisa langsung dikonsumsi dengan cara daunnya direbus. Manfaatknya untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. 

Dengan mengonsumsi rebusan daun nilam setiap hari akan membuat badan Anda menjadi fit dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena kandungan dalam daun nilam mempunyai senyawa aktif yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Karena memiliki sifat anti-aging, nilam yang sudah diekstrak kerap dipakai  industri sebagai bahan baku produk perawatan kulit. Dikarenakan efek dari minyak ini dapat mengatasi kulit kering dan keriput sehingga membuat kulit terlihat awet muda dan sehat.

Minyak atsiri nilam juga sering digunakan untuk terapi menghilangkan stres, melemaskan syaraf dan dapat memberikan efek rasa nyaman atau menenangkan. Karena mempunyai senyawa aktif yang memiliki aktivitas immune modulation, anti-gastric ulcer dan antiinflamasi.

Untuk perawatan ini, campurkan minyak nilam  dengan air secukupnya menggunakan diffuser. Sehingga molekul & senyawa aktif akan menyebar ke segala penjuru ruangan. Ruangan pun menjadi terbebas dari segala jenis bakteri dan virus jahat.

Ternyata, mengonsumsi rebusan  daun nilam secara rutin dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Menjaga kesehatan ginjal adalah suatu hal yang sangat penting.Kandungan alami daun nilam mempunyai sifat mengikat  racun dalam tubuh, sehingga dapat mendetoksifikasi racun dalam tubuh, terutama di dalam organ ginjal.

Untuk mengatasi rambut rontok dan beruban, Anda bisa menggunakan minyak nilam secara rutin. Sifat yang dimiliki dalam senyawa α-bulnesene pada minyak nilam yaitu anti-jamur dan antidioksida dapat mengatasi peradangan pada kulit rambut. Sehingga rambut rontok dan beruban dapat diatasi.