[email protected] +1234567890 242 West Main street, Ohio

Sudah Satu Abad Minyak Pohon Teh Dimanfaatkan untuk Perawatan Kesehatan dan Kecantikan, Bahkan Kini Diekstrak jadi Hand Sanitizer

Pohon minyak teh atau tree tea oil tak hanya banyak tumbuh di Australia tapi juga di Indonesia, Filipina dan Papua Nugini.(ist)
Pohon minyak teh atau tree tea oil tak hanya banyak tumbuh di Australia tapi juga di Indonesia, Filipina dan Papua Nugini.(ist)

Ayonews, Jakarta
Minyak pohon teh merupakan berasal dari tumbuhan alami asli Australia. Namun dalam perkembangannya, tanaman ini juga bisa dibudidayakan di Indonesia, Papua Nugini, Malaysia dan Filipina.

Meski demikian, Anda jangan dulu berasumsi bahwa minyak teh ini sama dengan tanaman pohon teh pada umumnya. Sesuai nama latinnya Australia Melaleuca Alternifolia, teh jenis ini bukan untuk diminum. Karena memang tanaman teh ini berupa semak-semak. Hampir sama dengan semak belukar.

Sejak satu abad ini, mimnyak pohon teh sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat antiseptic dan anti inflamasi. Khasiat buat tubuh manusia sangat banyak. 

Di era moderen, pohon teh yang menghasilkan minyak atsiri ini diproduksi sebagai produk kecantikan. Di antaranya sebagai perawatan kulit. Juga dipakai sebagai produk kesehatan dan obat-obatan. Bahkan, dimanfaatkan juga sebagai produk rumah tangga. 

Anda tak usah repot-repot mengekstrasi sendiri dari bahan mentah menjadi minyak pohon teh. Karena produk yang mengandung bahan alami ini telah tersedia di pasaran dalam bentuk minyak murni. Ada juga yang khusus diformulasikan langsung sesuai peruntukannya dalam produk kebersihan.

Dalam sebuah penelitian, minyak alami ini memiliki kandungan yang sama dengan zat benzoil peroksida yang ditemukan dalam produk yang bisa menyembuhkan jerawat. Perbedaannya, kandungan dari tea tree oil ini tidak membuat efek samping seperti kulit yang merah, kering, atau mengelupas saat digunakan di area wajah.

Untuk mengatasi masalah ketombe. Dengan  menggunakan tea tree oil dapat membantu Anda menyembuhkan masalah tersebut. Tea tree oil sudah terbukti dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Manfaat produk ini sama seperti minyak kelapa, mampu menenangkan kulit mati yang mengelupas di rambut, mengobati ketombe, dan merawat rambut agar tidak terkena kutu.

Sebagai pengharum  tubuh, minyak pohon teh ini bisa menghilangkan bau tak sedap. Kandungan antimikroba pada tea tree oil bisa membunuh bakteri kulit yang menyebabkan bau badan. Kandungan antiinflamasi pada tea tree oil membuat produk ini bisa meredakan rasa gatal eksim dan psoriasis kulit. 

Bahkan, saat ini banyak juga dimanfaatkan sebagai hand sanitizier. Sebab, pohon minyak teh ini menjadi salah satu produk yang bisa digunakan untuk membersihkan tangan secara alami dan ideal. 

Penelitian juga menunjukkan kalau minyak pohon teh bisa membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah influenza. Sebeuah penelitian lain bahkan mengatakan kalau minyak pohon teh bila dicampurkan ke pembersih bisa menangkal bakteri escherichia coli.

Anda perlu tahu juga kalau minyak pohon teh bermanfaat membersihkan alat rumah tangga. Sebab, minyak ini mengandung antimikroba yang bisa membunuh bakteri yang melekat di alat rumah tangga.