[email protected] +1234567890 242 West Main street, Ohio

Khasiatnya Multifungsi, Minyak Eucalyptus Semakin Ngetrend di Masa Pandemi Covid-19

Tanaman Eucalyptus sudah berabad-abad dimanfaatkan Suku Aborigin sebagai obat alternatif beragam penyakit.(ist)
Tanaman Eucalyptus sudah berabad-abad dimanfaatkan Suku Aborigin sebagai obat alternatif beragam penyakit.(ist)

Ayonews, Jakarta
Esential oil eucalyptus memiliki khasiat multifungsi yang luar biasa. Minyak essensial ini sudah berabad-abad digunakan oleh suku Aborigin karena khasiat penyembuhannya. Dari pengolahan tradisional, hingga kini secara tradisional, eucalyptus memilik manfaat yang sama.

Pohon Eucalyptus digolongkan sebagai eucalyptus globulus yang digunakan secara luas untuk berbagai produk yang dijual bebas. Minyak Eucalyptus dapat diborehkan ke dada untuk pilek dan hidung tersumbat. 

Minyak ini juga berkhasiat menyembuhkan sakit tenggorokan, radang tenggorokan, obat kumur, inhaler, krim ruam, obat topical penghilang rasa sakit, dan lain-lain.

Khasiat eucalyptus berasal dari daun yang dikeringkan. Kemudian dihancurkan dan disuling untuk mengekstrak menjadi minyak esensial yang beraroma kuat dan tidak berwarna.

Manfaat minyak esensial eucalyptus antara lain sebagai anti inflamasi, antispasmodik, dekongestan, deodoran, desinfektan, antiseptik, anti bakteri, insektisidan dan stimulan.

Ragam manfaat minyak eucalyptus lainnya di antaranya adalah membantu mengatasi  menutrisi rambut, mengatasi kulit kepala gatal, mengatasi kutu, pembasmi serangga, luka karena infeksi atau cold sores, diabetes, mengatasi demam, mengatasi bau mulut,  meredakan nyeri otot, mengobati sinus, asma.

Selain itu, eucalyptus juga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh, mengatasi masalah pada kulit, jamur kulit, mengobati jerawat, bahkan bisa menghilangkan stres. 

Eucalyptus globulus merupakan jenis tanaman yang termasuk dalam keluarga Myrtaceae. Beberapa studi yang telah dilakukan menyebutkan eucalyptus telah digunakan untuk mengurangi gejala sakit kepala dan neuralgia, serta meningkatkan sistem imun dalam melawan campak, cacar air serta common cold.

Kelenjar yang terkandung pada daun eucalyptus mempunyai minyak aromatik yang mudah menguap dikenal sebagai minyak kayu putih atau eucalyptol.

Selain itu juga mengandung antivirus dan anti-inflamasi. Sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan lendir, mengurangi infeksi luka, mengatasi masalah pernapasan, dan bahkan di percaya sebagai obat untuk mencegah virus Covid-19

Meskipun saat ini sudah ada program vaksinasi demi mencegah penularan virus covid-19, obat herbal eucalyptus ini juga ikut ngetrend. Sebab, minyak ini ikut membantu untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit.

Sebuah studi yang telah dilakukan bahwa manfaat eucalyptus globolus kemungkinan memiliki efek antibakteri pada patogen penyebab infeksi saluran nafas.

Dalam perkembangannya, eucalyptus juga diolah menjadi obat pembersih dan penghilang bau pada benda-benda. Ketika dipakai sebagai minyak atsiri, eucalyptus mudah dijadikan sebagai pengharum ruangan. Caranya, masukkan 8 sampai 10 tetes ke dalam air yang diisi dengan alat penguap.

Sebagai perawatan tubuh agar tetap sehat dan wangi, eucalyptus bisa dipakai sebagai campuran air untuk mandi. Caranya, masukkan 5 sampai 12 tetes ke dalam bak mandi berisi air hangat.

Sebagai pengobat rasa nyeri di tubuh, bisa dibalurkan sebagai minyak urut. Caranya, larutkan 5 tetes minyak atsiri ke setiap 10 ml minyak urut. Kemudian dibalurkan ke beberapa bagian tubuh yang dirasakan terganggu oleh nyeri. Kemudian, lakukan pengurutan dan pemijatan. Upayakan dilakukan oleh tenaga profesional dalam pengaplikasian sebagai proses pemijatan dan pengurutan ini.

Eucalyptus juga bisa dicoba sebagai inhalasi dalam melonggarkan pernafasan. Caranya, tambahkan 8 sampai 9 tetes ke dalam mangkuk berisi air panas, lalu uap yang dihasilan air panas itu dihirup dan ditarik nafas dalam-dalam. Karena sssential oil eucalyptus ini memilki aroma menyegarkan dan merangsang pikiran, sehingga membantu meningkatkan konsentrasi dan dapat sekaligus menyeimbangkan emosi.

Sabhira