[email protected] +1234567890 242 West Main street, Ohio

Terpengaruh Ahli Sufi Dai Barus, Spa Batak Tak Hanya Totok Wajah dan Pemijatan, Tapi Memiliki Nilai Spiritual

spa batak, totok wajah, batak totok wajah, kesehatan batak, kesehatan tradisional batak, perawatan kesehatan batak, perawatan kebugaran batak, ehno spa batak,
spa batak, totok wajah, batak totok wajah, kesehatan batak, kesehatan tradisional batak, perawatan kesehatan batak, perawatan kebugaran batak, ehno spa batak,

Ayonews, Jakarta
Tak hanya wanita yang membutuhkan wajah  cantik berseri, sehat dan tampak  bersinar. Kaum pria milenial juga membutuhkan perawatan yang sama. Hanya saja yang dilakukan seorang pria adalah menjaga kecerahan wajah agar terhindar dari kelebihan minyak dan penumpukan kotoran akibat ketatnya aktivitas sehari-hari.

Meski demikian, antara pria dan wanita, menjaga wajah agar kulit bersih dari kotoran, menjadi sehat, kencang, namun lembut dirasa. Salah satu upaya yang bisa didapatkan untuk perawatan wajah adalah dengan  totok wajah.   

Secara umum, totok wajah  merupakan terapi yang memadukan dua metode, yaitu acupressure (pijit atau tekan) dan bioenergi (tenaga dalam). 

Namun Batak Totok Wajah menjadi pilihan. Ethno Spa Batak ini terdiri dari totok wajah, Kusuk Batak Massage,  Marpangir atau body scrub  dan  Oukup. Anda bisa memilih semuanya untuk perawatan keseluruhan tubuh, selain perawatan wajah semata.

Dalam praktiknya, Spa Batak menggunakan beberapa bahan-bahan yang dipakai dalam pengaplikasiannya. Di antaranya, hand sanitizer, face cleanser, face scrub, essential oil lavender atau tea tree, face serum, face mask dan face toner.

Ada beberapa bagian anatamoy wajah yang menjadi poin-poin pemijatan dalam Batak Totok Wajah. Di antaranya ada tiga titik belahan tengkorak kanan & kiri, dahi kanan & kiri,  urat nadi bawah, alis mata,  urat nadi bawah mata,  urat nadi atas mulut, urat nadi bawah mulut,  daun telinga dan urat nadi bawah telinga.

Batak Totok Wajah merupakan bagian dalam upaya tak hanya merawat untuk mempercantik atau menjadikan lebih cerah dan kulit wajah sehat terjaga. Tapi juga dalam merelaksasi seluruh bagian tubuh. 

Kerusakan wajah bisa tak hanya diakibatkan polusi udara. Tapi juga bisa karena stres. Perawatan wajah menjadi masalah tersendiri bagi seorang wanita.  Banyaknya kotoran yang menumpuk pada wajah bisa menyebabkan masalah kulit rusak. 

Dalam totok wajah ala Batak Karo, setiap titik anatomi yang ditotok akan mendapatkan manfaat untuk menjaga kesehatan wajah. Dengan titik yang tepat saat melakukan totok wajah akan membuat wajah lebih fresh, mengencangkan kulit dan mengurangi stres. 

Secara teknik totok wajah biasa dengan Batak Totok wajah tak jauh berbeda. Namun  dalam praktiknya, totok wajah ala Batak Karo ada ritual yang harus dijalani sebelum melakukan totok wajah.  

Ada filosofi penyandingan mantra dan jampi “Hata i do debata, jala debata do hata i” Doa itu adalah bicara tuhan dan  Tuhan itu berbicara lewat do’a kita”. 

Filosofi ini  terpengaruh dari ahli Sufi Dai Barus yaitu Hamzah Fansuri yang punya paham bahwa dirinya termasuk manusia bahkan alam satu wujud dengan Tuhan, “wahdatul wujud.”. 

Seorang pengobat tradisional Batak yang tinggal di Kecamatan Manduamas, dalam penelitiannya di tahun 1992-1996 bernama Datu Pulungan, memaparkan tentang totok wajah Batak dan fungsinya. 

Menurut Datu, totok wajah ala Batak Karo untuk melancarkan peredaran darah pada wajah,  melemaskan otot-otot di wajah, membantu mengencangkan otot wajah, merilekskan otot-otot di wajah, membantu wajah agar awet muda. 

Untuk perawatan, totok wajah Batak bisa dilakukan kapan saja. Disarankan totok wajah dilakukan ketika pertama, saat wajah terlihat lelah, lesu, kurang tidur, kurang bersemangat.  Kedua, otot wajah yang kaku. Ketiga, mengalami pusing dan sakit kepala. Keempat, wajah yang kurang cerah. 

Namun demikian, totok wajah bukan berarti bisa dilakukan suka-suka. Anda harus cermat ketika menghadapi adanya kontradiksi saat praktik totok dilakukan. Pertama, ketika kulit wajah yang hyper sensitive, corpus dan tipis. Kedua, ada luka bakar di wajah. Ketiga, wajah yang sedang mengalami  banyak jerawat meradang keempat, wajah yang baru saja dilakukan tindakan filler dan botox. 

Ada yang khas dengan perawatan totok wajah ala Batak Karo. Karena, totok ini pertama fokus pada kepala, yakni rambut  dan organ bagiannya. Kemudian dilanjutkan ke leher, badan, tangan dan berakhir di kaki. 

Sementara proses pemijatan lain di Indonesia bahkan di sejumlah negara lain, umumnya mulai dari kaki menuju ke kepala. 

Spa Batak Karo memiliki filosofi sendiri tentang alasan spa yang dimulai dari kepala. Sebab, kepala merupakan bagian terpenting dan terhormat dari diri seseorang. Sementara kaki bagian yang hina. Jadi tidak sopan jika setelah pegang kaki lalu pegang kepala.

Karena itu, para terapis profesional sudah memahami kondisi seseorang layak atau tidaknya ketika akan melakukan spa ala Batak. Jadi seorang terapis tidak hanya mahir dalam memberikan teknik pijatan atau massage, namun, juga harus memahami tentang indikasi dan kontra indikasi ketika praktik ini lekaukan.   

Tingkat kebersihan juga sangat perlu diperhatikan, karena setiap orang memiliki standar masing-masing. Terapist harus paham keinginan teknik spa yang diinginkan kliennya.   Karena spa itu manfaatnya menstimulasi. Mulai dari mind, body, dan soul. Spa from head to toe. Perawatan tubuh dengan pijatan khusus di seluruh tubuh, aliran darah.   

Semua bagian tubuh distimulasi agar gelombang otak bisa berada di tingkat yang delta, bahkan diupayakan hingga mencapai tingkat tetha. Sebab, ketika telah mencapai tingkat tetha, maka tubuh berfungsi maksimal sengan sendirinya.   
Sabhira